Model pembelajaran yang paling baik bahwa hal itu sangat bergantung tujuan, siswa dan pengajar. Tetapi hal berikutnya adalah siswa yang mengajari siswa lainnya. Dalam pembelajaran resiprokal siswa berperan sebagai pelajar sekaligus pengajar dan dalam bagian ini menitik beratkan terwujudnya pertukaran mutual melalui peran-peran ganda seorang siswa. Pembelajaran resiprokal bersifat aktif, bukan pasif, mengharuskan siswa memberi dan menerima disaat mereka saling membantu dalam upaya memperoleh pengetahuan atau pemahaman. Ketika seorang siswa berupaya memahami sebuah persoalan dengan baik agar bisa menjelaskannya kepada siswa lain, maka otomatis ia juga meningkatkan kemampuan pembelajarannya sendiri.

Pengajaran resiprokal mendorong terjadinya interdependensi. Mahasiswa harus bisa memanfaatkan dengan baik pengetahuan, ketrampilan, dan pemahaman yang dimiliki teman mereka. Mereka harus bekerja sama, bukan bersaing, karena setiap siswa memiliki peran dalam keberhasilan belajar sekelasnya. Siswa yang pemalas atau pendiam memilkiki peran untuk dimainkan. Dengan teknik ini juga dapat membantu siswa menyimpan informasi, karena siswa membuat sintesis, klarifikasi, dan terus mengulang gagasan-gagasan dan menerima penguatan langsung tentang konsep-konsep pelajaran. Enam model pembelajaran resiprokal terbaik yang akan dijelaskan berikut memberi kerangka bagi siswa untuk membantu satu sama lain secara terarah dalam menguasai konten pelajaran dan mebangun berbagai ketrampilan berbasis disiplin yang merupakan tujuan utama pengajaran bagi sebagaian besar pengajar.
  1. Note Taking Pairs adalah sebuah teknik dimana siswa mengumpulkan informasi dari catatan-catatan mereka untuk membuat catatan berpasangan yang lebih dikembangkan. Sangat berguna khususnya untuk membantu mahasiswa mendapat informasi yang kurang atau terlewat dan mengoreksi ketidakakuratan catatan mereka serta belajar untuk menjadi pencatat yang lebih baik 
  2. Learning Cell adalah sebuah teknik dimana siswa saling menanyai satu sama lain menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mereka buat sendiri mengenai bacaan yang ditugaskan atau kegiatan belajar lainnya. Sangat berguna khususnya untuk melibatkan siswa secara aktif dalam memikirkan konten dan mendorong mereka untuk saling menantang satu sama lain untuk meraih tingkat pemikiran yang lebih dalam. 
  3. Fishbowl adalah teknik dimana siswa membentuk lingkaran konsentris dengan kelompok yang lebih kecil untuk berdiskusi sedangkan kelompok yang lebih besar mendengarkan dan mengamati. Sangat berguna khususnya untuk memberi kesempatan pada siswa untuk membuat model atau mengamati proses-proses kelompok dalam suasana diskusi 
  4. Role Play adalah sebuah teknik dimana siswa mengasumsikan identitas yang berbeda dan menjalankan sebuah scenario. Sangat berguna khususnya untuk melibatkan siswa dalam sebuah kegiatan kreatif yang dapat membantu mereka menerapkan learning by doing (belajar dengan melakukan) 
  5. Jigsaw adalah sebuah teknik dimana siswa mebangun pengetahuan mengenai topic yang diberikan kemudian mengajarkannya kepada orang lain. Sangat berguna khususnya untuk memotivasi siswa untuk belajar dan memproses informasi dengan cukup dalam untuk mengajarkannya kepada teman mereka  
  6. Test Taking Teams (Tim pengkiut ujian) mempersiapkan ujian dengan kerja kelompok, melaksanakan ujian secara individual, kemudian melaksakannya lagi secara berkelompok. Sangat berguna khususnya untuk membantu mahasiswa menilai dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi sambil mereka saling mengajari strategi-strategi mengikuti ujian kepada satu sama lain.

Title Post: Enam Model Pembelajaran Terbaik Teknik Resiprokal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di Jarilima, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

top